proses belajar dan pembelajaran
A. PENGERTIAN PBELAJAR
ada beberapa ilmuan yang mengungkapkan pendapat mengenai arti dari belajar, dan inilah pendapat dari beberapa ilmuan :
james o konno whittaker menurut pendapatnya belajar adalah sebuah proses dimana tingkah laku dapat di timbulkan dan diubah melalui pengalaman dan latihan.
howard l kingskey menurut howard belajar adalah proses tingkah laku dalam artian luas yang dapat diubah atau ditimbulkan melalui karakter dan tingkah laku.
sedangkan menurut drs slamento belajar adalah sebuah proses yang dilakukan individu untuk memperoleh tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai pengalam individu itu sendiri melalui intreaksi dengan lingkunagan sekitarnya.
dari beberapa pendapat yang di ungkapkan almuan diatas dapat di simpulkan bahwa belajar dapat diartikan serangkaian kegiatan jiwa dan raga individu yang berusaha memperoleh perubahan tingkah laku sebagai sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang mengangkut afektif afektif dan psikomotorik.
1. teori belajar behaivioristik
teori ini berisi tentang perubahan tingkah laku yang terjadi karena pengalaman belajar. dalam teori ini yang terpenting adalah seorang anak akan dianggap belajar apabila dia telah menunjukan perubahan tingkah prilaku. dari teori ini juga, belajar dapat diartikan sebagai stimulus dan respon
2. teori belajar kognitif
teori kognitif berbisara manusia mendapatkan dan membangung kemampuan kognitifnya melalui pengetahuan faktual yang empiris.
3. teori belajar humanistik
teori ini cenderung melihat perkembangan pengetahuan dari sisi kepribadian manusia. teori humanistik menitik beratkan kepada pembetukan kepribadian, perubahan sikap dan analisa fenomena sosial, alam teori ini guru atau pendidik menjadi fasilitator
4. teori belajar konstruvisme
konstruksi berarti membangun. menurut teori konstrukvisme, belajar lebih mudah dipahami manusia karena manusia membangun dan menumbuhkan pengetahuan berdasarkan pengalaman yang sudah di lewati. dengan ini hidup manusia lebih dinamis.
B. PENGERTIAN PROSES BELAJAR
proses adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa latin "processus" yang berarti berjalan kedepan. daka psikologi pendidikan, proses belajar adalah tahap-tahapan atau langkah- langkah khusus yang diharapkan ada perubahan yang di timbulkan hinggater capainya tujuan-tujuan tertentu.
fase fase dalam proses belajar
1. fase informasi (tahapan penerimaan materi)
dalam fase ini,seorang siswa memperoleh sejumlah informasi berupa materi yang sedang di pelajari. dari materi yang di peroleh itu ada yang sama sekali baru dan berdiri sendiri dan ada pula yang berfungsi menambah, memperluas dan memperdalam materi yang sebelumnya sudah diketahui.
2. fase transformasi
di fase transformasi ini, informasi yang sudah di dapatkan akan di analisa, dubah dan diolah menjadi bentuk yang abstrak dan konseptual yang diharapkan dapat dimanfaaatkan untuk hal-hal yang lebih luas.
3. fase evaluasi
dalam fase ini, siswa akan menilai sendiri sampai sejauh mana pengetahuan yg telah ia proleh untk dimanfaaatkan untuk memecahkan masalah tertentu.
Post a Comment