Header Ads

test

proses belajar dan pembelajaran

 



A. PENGERTIAN PBELAJAR

    ada beberapa ilmuan yang mengungkapkan pendapat mengenai arti dari belajar, dan inilah  pendapat dari beberapa ilmuan :

james o konno whittaker menurut pendapatnya belajar adalah sebuah proses dimana tingkah laku dapat di timbulkan dan diubah melalui pengalaman dan latihan.

howard l kingskey menurut howard belajar  adalah proses tingkah laku dalam artian luas yang dapat diubah atau ditimbulkan melalui karakter dan tingkah laku.

sedangkan menurut drs slamento belajar adalah sebuah proses yang dilakukan individu untuk memperoleh tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai pengalam individu itu sendiri melalui intreaksi dengan lingkunagan sekitarnya.

dari beberapa pendapat yang di ungkapkan almuan diatas dapat di simpulkan bahwa belajar dapat diartikan serangkaian kegiatan jiwa dan raga individu yang berusaha memperoleh perubahan tingkah laku sebagai sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang mengangkut afektif afektif dan psikomotorik.

    1. teori belajar behaivioristik

        teori ini berisi tentang perubahan tingkah laku yang terjadi karena pengalaman belajar. dalam teori         ini yang terpenting adalah seorang anak akan dianggap belajar apabila dia telah menunjukan                    perubahan tingkah prilaku. dari teori ini juga, belajar dapat diartikan sebagai stimulus dan respon

    2. teori belajar kognitif

        teori kognitif berbisara manusia mendapatkan dan membangung kemampuan kognitifnya melalui           pengetahuan faktual yang empiris.

    3. teori belajar humanistik 

        teori ini cenderung melihat perkembangan pengetahuan dari sisi kepribadian manusia. teori                    humanistik menitik beratkan kepada pembetukan kepribadian, perubahan sikap dan analisa                     fenomena sosial, alam teori ini guru atau pendidik menjadi fasilitator

    4. teori belajar konstruvisme

         konstruksi berarti membangun. menurut teori konstrukvisme, belajar lebih mudah dipahami                    manusia karena manusia membangun dan menumbuhkan pengetahuan berdasarkan                                 pengalaman yang sudah di lewati. dengan ini hidup manusia lebih dinamis.

B. PENGERTIAN PROSES BELAJAR    

        proses adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa latin "processus" yang berarti berjalan                   kedepan.         daka psikologi pendidikan, proses belajar adalah tahap-tahapan atau langkah-                langkah khusus yang             diharapkan ada perubahan yang di timbulkan hinggater capainya                    tujuan-tujuan tertentu.

    fase fase dalam proses belajar

    1. fase informasi (tahapan penerimaan materi)

      dalam fase ini,seorang siswa memperoleh sejumlah informasi berupa materi yang sedang di pelajari.     dari materi yang di peroleh itu ada yang sama sekali baru dan berdiri sendiri dan ada pula yang             berfungsi menambah, memperluas dan memperdalam materi yang sebelumnya sudah diketahui.

    2. fase transformasi

       di fase transformasi ini, informasi yang sudah di dapatkan akan di analisa, dubah dan diolah                 menjadi bentuk yang abstrak dan konseptual yang diharapkan dapat dimanfaaatkan untuk hal-hal         yang lebih luas. 

    3. fase evaluasi 

        dalam fase ini, siswa akan menilai sendiri sampai sejauh mana pengetahuan yg telah ia proleh untk         dimanfaaatkan untuk memecahkan masalah tertentu.

Tidak ada komentar